February 20, 2010

Life Lesson

February 20, 2010
Melanjutkan postingan Love Lesson kali ini saya ingin berbagi pelajaran yang saya dapatkan ketika menghadapi masalah. Beberapa hari belakangan ini saya mendapatkan cobaan yang cukup menguras perasaan waktu otak dan tenaga.. dan Alhamudlillah salah satunya sudah terselesaikan dan sekarang sudah bisa membuat saya tenang.. Setiap masalah ada hikmahnya.. dan sekarang saya mau membagi pelajaran yang saya dapatkan..

1. selalu percaya pada Allah
jujur aja saya terkadang masih belum taat untuk menjalankan seluruh perintahNya. Ketika dihadapkan pada suatu masalah atau cobaan kita harus percaya bahwa Tuhan akan selalu ada untuk kita. Di saat saya mulai kehilangan harapan dan mulai pasrah kepada Allah ketika itu pula Allah menjawab doa2 saya. Dan ini membuat saya semakin yakin Allah tidak akan memberi cobaan melebihi kekuatan kita.

2. berfikir jernih
seberat apapun masalah itu supaya kita bisa menyelesaikannya kita harus berusaha berfikir dengan jernih walaupun terkadang apa yang kita rasakan tidak mendukung bahkan untuk bisa berfikir. Salah satu caranya adalah dengan menenangkan diri terlebih dahulu.

3. berusaha menjadi dewasa
Saya adalah orang yang seringkali berusaha lari dari masalah dengan mencari kesibukan lain atau apapun itu. Namun ketika saya dihadapkan pada masalah yang tidak ada orang lain kecuali diri saya sendiri yang dapat menyelesaikannya, tidak ada tempat untuk berlari, mau tidak mau saya harus berusaha menjadi orang yang lebih dewasa dan berusaha menyelesaikan masalah tersebut.

4. kita tidak sendiri
Saya sangat bersyukur memiliki saudara dan teman2 yang baik hati dan mau membantu. dengan menceritakan ke orang lain, yang kita percaya tentunya akan membantu kita menyelesaikan masalah tersebut, membuat kita merasa mendapatkan dukungan atau paling tidak membuat hati kita lega karena didengarkan. Saat kita sedang menghadapi masalah kita juga bisa mengetahui teman mana yang benar2 baik dan menyayangi kita.
PS : buat teman2 ku tersayang.. kalian adalah teman2 terbaik.. love u all.. makasi semua :)

5. usaha tidak selalu berbanding lurus dengan hasil
tidak selamanya kita dapat berharap bahwa jika kita telah berusaha dengan keras kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. berusalah dengan maksimal semampu yang kita bisa, setelah itu berdoa dan pasrah pada Tuhan. hasil apapun yang kita dapatkan percayalah bahwa itu yang terbaik untuk kita.

6. you'll never know how precious it is till is gone
lagi2 pepatah ini menjadi pelajaran yang berharga ketika kita memiliki sesuatu, syukurilah dan sayangilah. Jangan sampai menyesal karena kehilangan kesempatan.

7. menangislah jika harus menangis
salah satu cara mengungkapkan kesedihan adalah dengan menangis. Walaupun tidak menyelesaikan masalah, tetapi menangis dapat membantu kita mengeluarkan segala perasaan, beban yang kita rasakan. Tetapi jangan terlalu larut dalam kesedihan, menangis lah secukupnya, ketika telah merasa cukup, segera bangkit dan kembalilah berfikir jernih. Peringatan : menangis berlebihan dapat mengakibatkan sakit kepala.

8. jangan mudah percaya pada orang lain
sebaik apapun ia, sedekat apapun kita dengannya, atau sedewasa apapun ia jangan mudah mempercayai kata-katanya. Sebelum melakukan atau menanggapi lebih jauh sebaiknya kita memikirkan dahulu segala kemungkinan serta maksud dan tujuan dari perkataannya tersebut. Orang yang baik tidak selamanya baik, orang yang dekat dengan kita tidak selamanya tulus dan orang yang lebih tua tidak selamanya bijaksana.

2 comments:

Unknown

cie Nadhira memang Mami yang bijaksana, laksanakan, Gan! :p

Fariz

You don't know what you've got til it's gone.

 
Story of My Life ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates