November 2, 2008

Terkilir

November 2, 2008
Beberapa hari yang lalu.. kaki gw terkilir.. sebenernya ini bukan yang pertama kali sih gw terkilir.. udah pernah jg beberapa kali.. banyak yang bertanya kenapa.. tapi gw jawab lupa.. karena emang gw lupa.. hehe.. se inget gw sih gw pake spatu yang ngga nyaman buat nyetir terus gw jadi terkilir..

Dari referensi *ini* gw ketahui bahwa terkilir itu ada beberapa macam. Sendi terkilir saat terjadi gerakan yang kuat mungkin tiba2 pada arah yang tidak seharusnya. Jika hal ini terjadi, ada beberapa kemungkinan :
  1. Terkilir ringan, terjadi peregangan pada otot atau ligamen, jaringan antara tulang
  2. Terkilir sedang, terjadi robek pada ligamen.. pastinya lebih sakit dari yang pertama
  3. Terkilir berat, ligamen benar2 putus sehingga sendinya tidak lagi stabil.. akan terlihat sebagai memar karena terjadi pendaharan, kadang disertai dengan bergesernya tulang
Terkilir yang gw alami ga bisa gw spesifikasikan yang mana.. cuma ciri2 nya.. aga2 bengkak, berdenyut dan nyeri banget .. dan nyeri nya bertambah gara2 gw diemin.. tadinya nyeri kadang2, jadi sakit pas nyetir, jadi sakit pas jalan, dan makin lama nyeri setiap saat..

Sebagai orang Indonesia kebanyakan, hal yang pertama yang terlintas di otak gw adalah.. "harus cepat2 diurut"... Di Jakarta ada tukang urut langganan keluarga gw.. tapi di Bandung ini.. gw ngga tau dimana ada tukang urut..

Setelah mencari informasi kanan kiri, akhirnya gw menemukan yang bisa mengurut di Pajajaran.. Alhamdulillah.. sekarang kaki gw terasa lebih baik.. udah bisa jalan.. klo nyetir blm berani deh.. tapi.. berdenyut dan nyeri nya blm hilang nih.. walaupun ngga se sakit sebelumnya.. tapi masih terasa aja.. mungkin harus banyak2 diistirahatkan nih si kaki..

Malam ini gw mencari2 info ttg terkilir ini di internet, dan ternyata pada referensi yang gw sebutkan sebelumnya gw menemukan bahwa sebenarnya hal pertama yang harus dilakukan jika terkilir adalah ke UGD.. bukan diurut...

Pengobatan medis baik dilakukan untuk mengatasi peradangan yang terjadi ketika ligamen atau otot meregang/robek.. Jika kita melakukan pengurutan apalagi pada tempat yang terkilir akan menyebabkan bertambah parahnya peradangan yang terjadi.. bisa2 bagian yang terkilir tambah nyeri dan bengkak.. (huhu.. apakah ini yang gw alami??)

Pengurutan tidak apa-apa dilakukan namun tidak pada bagian yang terlikir, mungkin bagian lain yang terhubung dengan saluran ke bagian tersebut.. hal ini dapat mengurangi peradangan dengan memperlancar aliran darah..

Sekarang... gw jadi bingung.. kira2 apa ya yang sebaiknya gw lakukan?? Beberapa pilihan muncul : ke rumah sakit, mengikuti saran nyokap untuk pulang dan urut di Jakarta, mengurut2 sendiri dengan salep, atau membiarkannya aja..

5 comments:

QuchQuch

Wahahah..
Dulu gw salah urut malahan urat gw ga bisa balik normal...
Hwakakakak...

Nadhira

@ quchquch : hua jangan nakut2 in dong..

Anonymous

potong aja mii

Anonymous

TOLONG PENGGUNAAN KATA2 EEIIISSSSS disesuaikan dengan EYDWI (Ejaan Yang Disempurnakan Wan Ical)
E=2 kali
I=3 kali
S=5 kali...
trims

Anonymous

YOU'VE BEEN TAGGED!!!!!!
liat postingan terakhir gw buat detailnya...
hoho... :D

 
Story of My Life ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates