September 24, 2008

Jalan Raya

September 24, 2008
Akhir-akhir ini gw merasa tidak aman ketika berada di jalan raya...
Gw sebagai pengendara mobil.. mulai sangat merasakan gimana para pengguna jalan itu makin tidak peduli sama yang namanya peraturan.. Ngga bermaksud sok suci sih.. secara sadar gw juga pasti pernah melanggar aturan-aturan lalu lintas..
Ketika melihat fenomena ini.. berbagai pertanyaan muncul di benak gw..

Apakah mereka ngga sadar bahwa melanggar membahayakan nyawa mereka dan orang lain?
Apakah mereka merasa punya banyak nyawa?
Apakah mereka ngga perduli dengan sekitarnya?
Apakah mereka ngga merasa aturan itu ada?

Kalau gw pribadi.. alasan kenapa gw melanggar biasanya karena gw buru-buru, telat kuliah.. itu pun hanya mnerobos lampu merah kalau gw berada di jalur paling depan atau batas kecepatan yang melebihi seharusnya, itupun pasti kalau jalanan sepi.. dan dalam semua yang gw lakukan itu, gw masih merasa punya akal rasional untuk menjaga nyawa gw yang gw anggap berharga ini..

Contoh kasus yang membuat gw menghela nafas di bulan puasa ini :

Saat itu gw dalam perjalanan dari kampus mau pulang ke kost dimana gw harus melalui beberapa lampu merah. Di lampu merah pertama terdapat dua lajur, gw berada di lajur paling kiri. Tiba-tiba di depan gw ada sebuah angkot yang mendesak untuk ke kiri, akhirnya gw memberi kesempatan buat dia pindah ke jalur kri. Ketika lampu berubah jadi hijau, DIA BERHENTI!! (saat-saat kaya gini gw selalu pengen bilang ke mereka Quotes dari nyokap gw : kalo nyusahin orang terus ya hidupnya susah terus.. menurut gw ini bener banget.. mereka yang menyusahkan orang pasti bikin sebagian besar orang yang merasa disusahkan sumpah serapah kata-kata tidak pantas buat mereka). Akhirnya, gw ngga sabar, dan gw klakson angkot itu.. ngga lama setelah itu dia pun jalan (bukan krn klakson gw tapi karena emang ga kliatan bakal ada penumpang). Pada lampu merah berikutnya, angkot tersebut pindah lagi ke lajur tengah karena dia pengen lurus sementara lajur paling kiri untuk mereka yang ingin belok kiri, termasuk gw. Tiba-tiba ketika gw persis berada pada posisi sebelah angkot tersebut, penumpang yang berada di kursi depan TURUN dengan MEMBUKA PINTU DEPAN SELEBAR-LEBARNYA.
Untungnya spaces di kiri gw masih cukup besar untuk menghindar.

Gw speechless ngga bisa berkata apa-apa cuma menghela nafas, selain karena masih puasa :), gw juga emang ngga mau cari masalah.

Makin takutnya gw di tambah dengan dalam minggu ini dua temen gw yang membawa mobil, mengalami tabrakan dengan motor.
Yang pertama, tertabrak dari depan oleh motor sampai penumpang motor itu mental. Motor tersebut katanya jalan dengan kecepatan tinggi saat temen gw ini mau belok. Dan motor itu mengaku salah.
Yang kedua, sama, tertabrak motor, ngga tau kejadiaannya gimana tapi yang jelas motor itu juga mengaku salah.

Hmm.. ga bisa banyak berkomentar lagi... yang bisa gw lakukan cuma berdoa semoga orang-orang itu sadar dan ngga membahayakan diri mereka lagi. Ini semua demi kebaikan bersama ko..

3 comments:

Anonymous

mungkin emg baru efektif kl dikasi anceman hukuman 2 juta tunai (ky waktu aturan make seat belt)

heu2

Anonymous

kalo ketabrak mobil yang lupa rem tangannya gimana? pelanggaran lalu lintas gak?
hahahahaha..

maaf yah mie...

Nadhira

@ bintang : hihi iya tuh ngeri.. tapi kayanya orang Indonesia klo dibiasain dgn anceman duit lama2 jadi kebal :D

@ albert : hahaha.. harusnya ada bert.. apalagi klo memakan korban :p
kenapa minta maaf? kan bukan lo yang salah..

 
Story of My Life ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates