June 26, 2008

Imperial War Museum

June 26, 2008
Hari ini ada sosial activity, didampingi sama Naomi (salah satu teacher), yang ikut ga banyak cm Dini, Doris, Mark, Gabriel, dan beberapa teman dari Spanyol.. Kita mengunjungi Imperial War Museum.. 


Gabriel, Me, Doris, Dini, Mark, Martha, Santi, (lupa namanya) 
@ Imperial War Museum

Pertama kali masuk kita menuju ke basement dan masuk ke First World War.. disini isinya video, pameran, segala macem senjata, obat2 an, kamera, baju, pokoknya semua yang berhubungan dengan perang dunia pertama. Selain itu disni juga terdapat trench.. semacam gua buatan yang suasana nya disesuaikan dengan suasana perang.. ada orang yang lagi diobatin, lagi baca surat, lagi ngumpet untuk nembak, dsb. Ada juga segala tentang perang dunia kedua, cma gw ga sempet masuk ke sana..


Me & Dini bersama dengan mobil perang

Setelah itu menuju ke lantai atas ada tentang agen2 rahasia yang dikirim saat perang.. menarik banget.. ada yang berkhianat, ada yang jadi mata2, ada cerita pengalaman mereka, identitasnya, peralatannya..

Di lantai berikutnya ada pameran lukisan.. peperangan pastinya.. yang digambar ya suasana peperangan, tempat2nya, tentara2nya.. ada yang lama, ada juga yang baru sekitar tahun 2000an ke atas tentang perang di Afghanistan..semua digambar oleh pelukis2 Inggris yang ikutan ke peperangan..

Yang paling menarik adalah Holocaust Exibition. Holocaust sendiri merupakan tragedi dimana orang2 Jews (Yahudi) dibunuh dan disiksa oleh Nazi pada perang dunia kedua. Di eksibisi ini diceritain bagaimana kronologi kejadian, apa aja yang mereka alamin, dan yang pasti bagaimana kejamnya Nazi. Orang2 disana dibagi beberapa golongan dengan melakukan pengecekan warna kulit, warna rambut, ukuran muka dan macem2 yang ga masuk akal. Golongan pertama adalah "Aryan" (klo ga salah) yang paling tinggi derajatnya, golongan kedua gipsi, bukan kulit putih, roma, dan lain-lain. Golongan terendah dan musuh "Aryan" adalah Jews. Orang Jews sangat didiskriminasi, mereka diharuskan memakai atribut tertentu dan dianggap seperti binatang. Berbagai peraturan yang sangat kejam ditetapkan untuk mereka, contohnya orang Aryan dilarang berhubungan dengan mereka. Mereka kaya ga dianggap manusia. Beberapa cerita :
  • Lelaki disuruh memotong rumput di lapangan bola dengan gigi sementara tentara tertawa2 dari pinggir
  • seseorang Jews pergi ke kantor polisi karena ingin melaporakan penipuan yang dilakukan klien nya.. malah disuruh masuk ke ruangan dan dipukuli, lalu disuruh keluar memakai nametag yang bertuliskan "Saya Jews dan Tidak akan Melapor ke Kantor Polisi Lagi"
  • Seorang anak sekolah yang menolak mengucap "Hail Hitler" karena mereka percaya pada Jesus, dikeluarkan dari sekolahnya
  • Seorang anak harus terima dipukuli sahabatnya sendiri karena dia Jews dan sahabatnya tentara
  • Di Polandia, Hitler menetapkan T4 yaitu pembunuhan orang2 yang disabled mental atau fisiknya. Sehingga sekitar 170.000 orang dibunuh oleh dokter dengan gas beracun atau suntik mati
Bahkan terdapat slogan, 
Dunia terbagi dua, tempat dimana orang Jews tidak boleh tinggal dan tempat dimana orang Jews tidak boleh masuk

Di museum ini ada juga replika dimana dulu orang Jews disuruh naik ke kereta dan dibawa ke suatu tempat untuk dibunuh secara massal dengan memasukkan mereka ke dalam suatu ruangan yang diisi dengan gas beracun.

Melihat ini semua bikin hati tersentuh, betapa ngga berartinya hidup mereka cuma karena mereka mempercayai sesuatu. Betapa harus bersyukurnya kita sekarang karena sangat beruntung bisa hidup bebas tanpa harus memperjuangkan susah payah apa yang kita percayai.

2 comments:

Anonymous

mamiiih.. hehe

just knew that this blog exists,,haha

btw mi, LSSE apaan si? Lingkung Seni Sunda England? widiih..buka cabang yak.. jauh2 amat lo pake ke london, pusatnya aja di ITB :))

Nadhira

@ ume : hehhehe.. Leicester Square School of English.. haha

 
Story of My Life ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates